L’arc en ciel

Siapa yang ga kenal ama L’arc en ciel. Bagi para penggemar J-Rock sejati tentu sudah kenal ama band yang sering disebut Laruku ini. L’arc en ciel [atau dalam lafal jepang Laruku dari kata L’arc nya] adalah sebuah band alternative rock asal osaka jepang yang udah lama dibentuk pada tahun 1990. awal pembentukan band ini agak rumit karena sering mengalami pergantian pada personelnya. saat itu Tetsu dengan temannya yang bernama Hiro (gitaris) ingin membentuk band rock yang terkenal terus mengajak Hyde buat jadi vokalis di bandnya setelah melihat penampilannya waktu manggung ama bandnya Jerusalem’s Rod. Hyde tertarik dengan tawaran tetsu dan ingin bergabung dengan syarat Pero juga harus bergabung sebagai drummer yang merupakan teman satu band Hyde di Jerusalem’s Rod. Band itu pun terbentuk pada oktober 1990. Nama L’arc en ciel itu sendiri diperoleh Tetsu dari bahasa prancis judul video kesukaannya yang berarti Ark in the sky (goresan dilangit) atau mudahnya Rainbow (pelangi).

Setelah sering manggung, nama L’arc en ciel pun dikenal di dunia musik indie jepang. tapi anehnya sang gitaris, Hiro memutuskan untuk keluar dari band tanpa alasan yang jelas. tidak butuh waktu yang lama bagi Tetsu untuk mencari pengganti Hiro sebagai gitaris. Tetsupun memanggil teman masa kecilnya, Ken, untuk mengisi posisi sebagai gitaris. awalnya Ken berusaha untuk mengimbangi kesibukan barunya di band dengan kuliahnya di Nagoya Institute of Technology. tapi karena susah membagi waktu, akhirnya ia memutuskan untuk keluar dari kuliahnya sehingga dimusuhin ama orang tuanya. karena dah lengkap lagi, Laruku kembali kedunia musik dan kepopulerannya semakin bertambah. karena kepopulerannya itu yang mengharuskan Laruku pindah dari Osaka ke Tokyo. tapi Pero tidak setuju dan akhirnya keluar dari band dan gabung dengan Hiro di Osaka. tak lama kemudian Tetsu merekrut Sakura drummer dari Tokyo untuk menggantikan Pero setelah melihat penampilannya dibeberapa show. Di tahun 1993, bersama drummer barunya, Laruku merilis full album pertamanya berjudul Dune dibawah label indie Danger Crue. terus di Tahun 1994, Laruku gabung dengan Sony’s Ki/oon dan merilis album keduanya, Tierra. Heavenly dan True dirilis pada tahun 1995 dan 1996.

Di tahun 1997, dimana Laruku lagi terkenal – terkenalnya, Sakura malah membuat ulah dengan menyimpan Narkoba dan ditangkap polisi sehingga ia pun dikeluarkan dari Laruku. Saat itu pemuda jepang sangat marah dan memboikot Laruku. CDnya ditarik kembali di toko – toko dan single mereka yang belum sempat rilis, the 4th avenue cafe, yang baru diputar 6 episode di anime Samurai X digantikan dengan theme song sebelumnya ,Heart of Sword.

Beberapa bulan kemudian mereka membuat self copy band yaitu The Zombies dan mengadakan konser reincarnation 97 di tokyo dome. di konser itu mereka memperkenalkan drummer baru mereka, Yukihiro. konser tersebut dihadiri dengan 56.000 lebih penonton dan tiketnya habis dijual hanya dengan waktu empat menit.

tahun 1997 single Niji dirilis dimana Yukihiro masih sebagai additional dan resmi menjadi anggota Laruku di tahun 1998, tahun dimana album comeback mereka Heart dirilis. tahun depannya 1999 Laruku ngamuk dan merilis double album yaitu Ark dan Ray. kedua album tersebut masuk dalam oricon music chart dimana Ark berada pada urutan kesatu dan Ray diurutan kedua.

tahun – tahun berikutnya Laruku merilis album secara konsisten yaitu album real pada tahun 2000, smile pada tahun 2004, awake pada tahun 2005 dan terakhir kiss pada tahun 2007. wah produktif sekali mereka ini!!. dan single nexus 4 shine merupakan single terakhir setelah menyatakan vakum hingga 2011 untuk fokus dengan proyek mereka masing – masing.

L’arc en ciel ini sudah mulai dikenal di indonesia waktu lagunya yang the 4th avenue cafe diputar dalam anime samurai X. tapi saya masih baru mengenalnya  waktu dengar lagunya yang Ready Steady Go di album smile (dah telat bgt ya??). dari situlah saya mulai ngefans ama band ini dan mulai mencari lagu – lagunya yang sudah lama kayak Flood of tears, Blury eyes, Lies and truth, dll buat melengkapi koleksi lagu – lagu L’arc en ciel ku. kalo dah liat PV jadulnya Laruku terus dibanding – bandingkan ama PVnya yang sekarang pasti terlihat beda. disitu Laruku masih memakai gaya Visual yang kelihatannya norak tapi lama kelamaan keren juga kalo diliat baik – baik dan entah sejak kapan gaya Laruku pun meninggalkan Visual kei itu. Mereka akan menolak jika band mereka dimasukkan dalam kategori band visual.

Published by

yaya666

Hoby :Baca komik main game komputer dll... Likes :Banyak... Dislikes: Banyak... kuda lumping pap pap pap

41 thoughts on “L’arc en ciel”

    1. kapan ya aku bisa jadi bassist nya L’arc~en~ciel

      tetsu cepet bgt jarinya memetik tali bass

      so cool

      viva Ciel”ers

  1. Numpang Nimbrung negh..
    Aku suka ma l’arc en ciel gara-gara direcokin ma temenku ma lagu-lagunya l’arc en ciel kemarin. Pertama kali denger rada mabuk.. Tapi lama kelamaan jadi suka… Hehe. Lagu yang aku suka seventh heaven.
    Salam Kenal

  2. salam kenal juga…

    musik laruku tuh, untuk menikmatinya ga bisa hanya sekali dengar…
    harus sering – sering dengar…
    kalo dah sering pasti ketagihan tuh..
    laruku kan musikalitasnya tinggi.. he he he…

  3. Jgn2 2011 anniversary 20th tu jd last live laruku, huff kyny cm mmp aj liat mrk live di sini.. it’s killing me !
    E ad yg tau jdl lg yg di smile tour (bkn yg otakon) lg ke4 abis heavens drive? Tu lg di albm mn ya..

  4. yachh,,,,,laruku is the best….

    Btw laruku udah vacum yach,,dri thn 2009 – 2011,,,,

    uuuhuhuuhuhuh,,lama banget vacumx…hhehe

    wkakakakakakaka

  5. gwe pux smua video clip + mp3 dari laruku,,,,gwe mw bagi2 nich sm smua
    yang ngefans ma laruku,,,

    info selanjutnya : vidie_k5ks@yahoo.com

    kirim aja pesan kamu ke email aq,,,
    pengiriman video clip + mp3 terserah dari fans laruku,,,,

    note: tidak mengecewakan,,,

  6. sebagai cielers sejati aku ngedukung aja apa yang udah diputusin band favoritku. yang penting aku tetap berharap dialbum yang akan datang berikutnya aku gak boleh ketinggalan untuk lebih mengenal band L’arc~en~Ciel.

    uuugghhhh…, i love Hyde sama!!!

  7. wew

    w juga pendatang baru

    lam kenal all

    w ngebet bgt ma L’arc~en~ciel

    w kagum bgt ma tetsu

    acungin jempol ma skill dia main bass

    kapan ya aku bisa jadi bassist nya L’arc~en~ciel

  8. yup, skill main bass tetsu ga usah diragukan lagi..
    gw pernah baca thread di forum kaskus tentang 10 bassis terbaik dunia, nah di nomor 3nya tuh gua liat tetsu. ga nyangka ternyata tetsu tuh bassis terbaik ketiga di dunia..

    personel yang lainnya juga, meskipun bukan yg terbaik di dunia, tapi hyde ken ama yuki juga memiliki skill yang patut di acungi jempol karena memiliki ciri khasnya masing masing.

  9. wah..laruku banyak juga yang suka di Indonesia…

    boku mo suki da…

    tottemo suki da yo…..

    waktu lyad Pv-nya diputar stasiun Tv di Indonesia…seneeeeeeeeeeeeeeng buaaaaaaaaangettttttttttt……………

    nihon e ikitai yo……

    1. semenjak mtv jarang memutar lagu luar negeri, kirain ga pernah diputar lagi pv l’arc en ciel…

      dengerin lagu lagu lawasnya laruku masih tetep enak didengar..

  10. setuju bgt tuh bro..

    laruku mang top abis deh..

    pertama kali w ngedengerin lagunya laruku..
    w kira tuh lagu tahun 2000-an..
    lagu baru lah..
    eh taunya..
    jaman w masih orog..

    ckckck..
    musikalitas mereka mang patut diacungi 20 jempol..
    klo jari tangan ma kaki lw jempol semua..

    hahha.

    salut gila deh bwt mereka..

  11. wah saya juga suka laruku loh ..
    saya paling suka lagu lost heaven sama hitomi no juunin , kalo di album kiss suka daybreaks bell, pretty girl, black rose sama seventh heaven .
    musik musk laruku emang enak bangeeet yaa walaupun udah lama lagunya ,🙂

  12. aku ‘insane’ sama ‘my.heart.draws.a.dream’. pas pertama dengar aku pikir ‘koq bisa yah ini band nyampein musiknya ke hati?’ padahal waktu itu judulnya aja aku ga ngerti.. salam kenal all! aku pencinta L’arc dari kalimantan..😀

  13. Laruku….buat kak Hyde… ”makin mirip aj sm vocalis j-rocks indonesia” oya kak,bikinin lagu donk…. Yg persis ”my heart draws a dream” thanks ?!?sukses buat laruku….

Komentar komentur komentir. Tinggalkan Komentar. But please dont leave any mean comment T_T..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s