Selamat Hari Bumi

yah, seperti yang kita ketahui pada setiap tanggal 22 april semua orang merayakan perayaan yang bernama hari bumi. kita juga tau, dan bisa merasakan semakin lama, bumi kita semakin makin rusak karena ulah kita sendiri baik secara besar – besaran maupun kecil – kecilan. untuk itulah  mari kita sama – sama menjaga bumi kita dari kerusakan. siapa tahu dengan perbuatan kecil kita dapat memberikan perubahan besar bagi kehidupan ini ( ceileh ).

hal – hal kecil yang kita bisa buat untuk memberikan kontribusi adalah dengan menghemat energi dan tidak membuang sampah sembarangan. negara kita sudah disoroti oleh negara – negara luar sebagai negara yang sangat kotor dan memiliki sungai yang paling jorok nomor satu didunia ( ini bukan prestasi loh! ). kesadaran setiap orang untuk tidak membuang sampah sembarangan masih kurang, bahkan orang – orang dekat disekitarku seperti keluarga, dan teman – teman masih sering membuang sampah sembarangan. dan karena kebanyakan dari mereka lebih tua dari saya, maka saya juga tidak enak untuk menegurnya. makanya saya menulis tulisan ini, supaya menyadarkan orang untuk selalu membuang sampah pada tempatnya.

nah, untuk masalah menghemat energi saya akan coba memberikan tips – tips yang saya dapat dari teman.

tips menghemat listrik.
hemat listrik itu perlu, karena di indonesia pasokan listrik kita itu kebanyakan menggunakan bahan bakar yang tidak dapat di perbarui ( kalo ga salah). jadi, kalo kita menghemat listrik maka kita juga akan menghemat bahan bakar dan polusi
1. jika ingin keluar, matikan semua alat elektronik yang ga kepake. ( jangan dimatikan aja, kabelnya juga dicabut soalnya kalo ga dicabut katanya itu makan listrik juga meskipun sedikit)
2. gunakan alat elektronik seperlunya
3. Laptop lebih hemat listrik dari pada CPU, jika memungkinkan gunakan lah laptop dari pada CPU. ( karena saya sudah terlanjur membeli CPU, maka hal ini tidak memungkinkan bagi saya).
4. monitor LCD lebih hemat listrik daripada monitor CRT. jika memungkinkan gunakanlah monitor LCD daripada CRT meskipun  harga LCD lebih mahal dari CRT. terutama kalau mau bikin warnet, mending komputernya pake yang LCD aja, biar hemat listrik jadi untung warnetnya juga gede.

Tips menghemat kertas
kenapa hemat kertas itu perlu?, karena kertas itu bahan bakunya adalah pohon. kalau kita boros kertas maka kita juga secara tidak langsung boros pohon. sialnya lagi,indonesia masih sedikit yang bisa mendaur ulang kertas, jadi kalau kertasnya sudah tidak terpake lagi., makan kertasnya akan menjadi sampah.
1. jika menulis, tulislah huruf kecil – kecil (becanda cuy)
2. jika suka kerajinan, kertas yang tidak bisa dipake bisa didaur ulang dan menjadikan kertas unik model kita sendiri
3. jangan terlalu sering menggunakan tissu (bagi cewek), kalo lagi nangis atau flu  mending pake sapu tangan aja yang bisa dipakai berulang – ulang. soalnya tissu ga bisa didaur ulang.

Tips menghemat lainnya
1. kalo makan pake sumpit, jangan pake sumpit kayu yang sekali pakai. mending pake sumpit sendiri / sumpit besi yang bisa dipakai berulang – ulang. atau lebih baik mending pake sendok saja.
2. kalau jaraknya dekat, mending jalan kaki atau naik sepeda.
3. kalau belanja biasakan pakai plastik sendiri, atau mulailah memiliki hobi ngoleksi plastik (maksa amat ya?). soalnya indonesia masih sedikit yang bisa mendaur  ulang plastik.

ya itulah beberapa tips ga guna dari saya, kalian bisa mengcopy paste tanpa ijin tulisan ini untuk memberitahu yang lain. kalian juga bisa mengeditnya atau menambahkan tips tips lainnya terlebih dahulu dengan menggunakan bahasa yang lebih persuasif dan enak didengar. ayo go green, mulai dari diri sendiri. baru kasi tau orang lain. oke oke? seperti kata SNSD, “Save energy, Save earth”.

Published by

yaya666

Hoby :Baca komik main game komputer dll... Likes :Banyak... Dislikes: Banyak... kuda lumping pap pap pap

4 thoughts on “Selamat Hari Bumi”

  1. memang orang 2 indonesia begitu tuh kerjaan nya pada mau enak nya aja buang sampah sembarangan..
    gak mikirin dampaknya, kayak yg punya jalanan tuh bapaknya, suka buang sampah sembarangan..

    orang indonesia paling suusah dikasi tauk..
    muak gw tinggal di indonesia..

    btw, nice try

Komentar komentur komentir. Tinggalkan Komentar. But please dont leave any mean comment T_T..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s