Main Ke Pulau Semak Daun

Ada yang pernah bilang katanya kalo mood lagi up, tempat liburan yg bagus adalah ke gunung. Kalo mood lagi down, enaknya ke pantai. Akhir – akhir ini mood ane lagi down downnya, maka dari itu ane pengen banget ke pantai. Cuman masalahnya, di daerah bandung nyari pantai tuh susah, malah ga ada lagi. Trus saya nyari info ajakan trip di kaskus yang hemat. Disitu ada yang ngajakin ke semak daun, salah satu pulau yang terletak di gugusan kepulauan seribu. Dilihat dari biayanya nampaknya cukup murah karena dengan harga segitu sudah bisa snorkeling, ngeliat mangrove, keliling naik perahu, camping dll.

Kebetulan sekali sepupu ane juga pengen kejakarta, jadi tinggal nebeng biar hemat biaya. Berangkatnya hari jumat siang, Sampe dijakartanya sore, kami ke tempat om dulu di daerah cempaka putih. Setelah istirahat dikit, saya langsung pamitan untuk ke tempat salah satu kaskuser untuk nginap di daerah jatinegara biar besok berangkatnya ga telat. Dari tempat om ane, ane nebeng lagi ama spupu dianterin di halte busway. Di halte naik busway sampe di kampung melayu. Lanjut mikrolet 02 jurusan pulogadung. Setelah sampai, ngobrol2 dulu tanya2 tempat traveling enak soalnya kaskuser ini udah sering traveling. Di dekat kosannya ada indomart jadi ane beli perlengkapan dulu di indomart trus istirahat biar besok bangun ga telat.

Pengeluaran hari 1:

Makan soto ayam di rest area : 20000 (mahalnya)
Busway ke kp melayu : 3500
Angkot : 3000
Belanja indomart (1 popmi, 2 mie instant, 2 air) : 15000
Total : 41500

Dah tidur, bangun jam 3 subuh siap siap ke pelabuhan muara angke. Ga boleh telat sama sekali soalnya kapal berangkat jam 7 pagi, kalo telat nunggu keberangkatan selanjutnya jam 1. Dari kosan berangkat ke daerah (lupa namanya) ketemu 2 kaskuser lainnya yg kebetulan berdekatan. Karena barang bawaan banyak (tenda,peralatan masak,tas Dll) kami berempat naik taksi aja langsung ke muara angke. Skip skip sampe di muara angke, isi perut dulu sambil nungguin kaskuser lainnya soalnya perjalanan kapal perahu makan waktu kira2 3 – 4 jam. Abis makan kaskuser datang satu persatu (untungnya pada ontime semua), berkenalan, langsung beli tiket ke pulau pramuka (32rb). Naik ke kapal perahu, lumayan gede kapalnya cuman saran aja kalo nyari tempat mending di lantai 2 soalnya di lantai 1 yg bagian belakang pasti susah tidur karna dibawahnya langsung mesin. Getarannya yg bikin susah tidur. Kapalnya ga langsung ke pramuka, transit dulu di pulau tidung. Kebanyakan penumpang turun disini, kapal jadi hampir kosong. Setelah beberapa jam sampai di pulau pramuka.

Dipramuka nungguin bapak tukang ojek perahu yang udah dipesan sebelumnya, sambil nungguin cari makan dulu. Ketemu warung masakan padang (buset, dipulau kecil pun ada warung nasi padang). Keliling keliling pramuka cari mesjid trus sholat trus istirahat abis kena jet lag. Istirahat beberapa menit di mesjid (anginnya enak buat tiduran), ojek perahu udah datang buat nampung kita ke pulau semak daun. Sebelum ke semak daun, dibawah ke tengah laut buat snorkeling liat ikan ikan keren ama terumbu karang mantap. Sebelumnya belum pernah ane snorkeling jadi rasanya sangat senang sekali (heh?). sampai di spot snorkel langsung cebur kelaut liat pemandangan bawah laut yang sangat keren mantap seperti lihat wallpaper desktop komputer layar 200 inchi kualitas hd bluray. Cuman karena kacamata renang ane rada kabur kualitas pemandangannya menurun jadi dvd rip. Ane minta tukar ama tukang perahunya tapi kata tukang perahunya udah ga ada lagi, cuci aja kacamatanya pake ludah trus dibasuh pake air laut ntar kinclong lagi. Ane pun ikutin tutorialnya dan benar, kacamata renang ane kinclong lagi pemandangannya jg berubah jelas kembali ke kualitas hd blueray. Ane dikasih roti ama salah satu kaskuser buat ngasih makan ikan biar ikannya ngedekat trus ngegerombol. Keren sekali.

Setelah puas snorkel, naik ke perahu menuju ke pulau semak daun. Di tengah perjalanan ada salah satu kaskuser nanya ke ane.
“Eh lu org makasar ya? Katanya banyak tempat snorkeling disana yak disana kayak takabonerate? Tempat2 keren buat jalan2 dimakasar dimana aja?”
“Wah kurang tau jg, ane juga kalo dimakasar jarang keluar keluyuran. Kalo snorkeling ane juga baru pertama kali snorkel disini” ane bilang.

Emang kalo di makasar, saya jarang keluar kalaupun keluar juga paling ke warnet. Jadi kalo ada sodara dari luar mo ke makasar ane ngajakinnya ke warnet main point blank.

Skip skip sampelah kita ke semak daun. Pulaunya keren, kecil 15 menit keliling udah kejangkau semua. Pantainya bening dangkal terus panjang. Kalo berenang di pantainya jg ga terlalu terik/panas soalnya banyak pohonnya. Cuman sayangnya karena kita perginya pas musim liburan, jadi rada rame pulaunya trus banyak yg ninggalin sampah. Cari spot yang sepi dan keren pas dekat tempat liat matahari terbenam, dekat mangrove, banyak pohon. Pasang tenda disitu, setelah itu keliling2, ke dermaga liat orang mancing, liat laut ampe puas, balik ke tenda nungguin sunset sambil masak air biar mateng trus makan popmi bikin kopi dll. Sunsetnya keren, dimana mana namanya sunset pasti keren. Liat sunset sambil nyruput mie, dengar musik, nikmat sekali sodara sodara.

Dah malam, bikin api unggun, melingkar, cerita2, ngopi, perkenalan secara resmi satu satu sambil ngakak ngakak. Abis itu pindah tempat dipinggir pantai tidur2an sambil ngamatin bintang. Bintangnya jelas dan terang sekali , trus kadang2 ada juga bintang jatuh. Keren lah pokoknya, ngamatin bintang sambil tiduran, denger ombak, denger mp3 muter lagunya monita album dream hope faith. Mantap betul. Abis itu pindah tempat lagi ke dermaga, suasanya enak sekali, bulan purnamanya juga keren. Bulat sempurna, terang, cahayanya mantul memanjang kelaut, kerenlah. Sambil ngamat, ngobrol2 lagi dengerin pengalaman traveling mereka, lumayan referensi buat trip hemat selanjutnya. Semak daun sepi kalo malam soalnya yang pengunjung yg rame tadi siang dah pada balik ke pulau pramuka. Saking sepinya berasa punya pulau sendiri, pulau pribadi. Capek keliling2 balik ke tenda, tidur.

Pengeluaran hari dua:

– tiket kapal muara angke pramuka : 32000
– ojek kapal p pramuka – spot snorkeling – semak daun PP : 300000 / 13 orang = 23000an
– sewa alat camping (tenda 3, kompor gas, gas hi cook, nesting) : 292000/13 = 22500an
– sewa alat snorkel : 35000
– air bersih 1 dirjen buat mandi : 5000
– gorengan di warung : 2000
Total : 119500

Bangun, rada subuh nungguin sunrise di tepi pantai, tp mataharinya ketutup awan (sayang sekali). Ga ada kerjaan, masak air biar matang, makan mie buat sarapan. Kenyang, main main kepantai lagi, berenang sampai puas. Udah puas ke warung makan beli gorengan, jalan2 ke dermaga lagi liat orang mancing, liat laut. Udah siang, ojek perahu udah datang mau jemput. Balik ke tenda, bongkar, beres beres, siap siap pulang. Ojek kapalnya ga langsung ke muara angke, dianterin ke pulau pramuka. Di pulau pramuka mandi di wc umum, trus makan lagi di tempat biasa. Abis makan, naik kapal lagi dari pramuka ke muara angke , transit pulau tidung. Sampe di muara angke carter angkot ke stasiun kota. Mulai berpisah disini, ane lanjut naik kereta comuter ke stasiun jatinegara. Disini ane berpisah ama rombongan, naik busway ke tempat om ane di daerah cempaka putih.

Pengeluaran hari tiga :
Bayar retribusi ke penjaga semak daun : 10000 perorang
Mandi di pramuka : 2000
Makan di warung padang pramuka: 3000 (ane ga makan, masih kenyang, mesen es teh doang).
Tiket kapal perahu ke muara angke : 32000
Angkot muara angke ke kota : 5000
Naik kereta comuter st kota ke st jatinegara : 6000
Busway jatinegara ke cempaka putih : 3500
Ojek sampe dpn rumah : 5000
Total : 66500

Akhirnya fr pertama ane beres jg, seru acara campingnya , pengalaman pertama kali snorkeling. Bener2 trip mengesankan. Selama dua hari itu ane hampir menaiki semua alat transportasi dijakarta mulai dari ojek, bajaj, busway, mikrolet, kereta, perahu, taksi, dll. Kalo saja dari jakarta langsung pulang kampung ke makassar, nambah pesawat lagi di listnya. Hehe

Sebenarnya, besoknya abis trip ke semak daun, ane jalan jalan lagi ngebolang nyasar nyasar di jakarta naik busway. Muter2 Ke glodok nyari tempat service psp, trus muter2 ke mangga dua beli power bank, trus singgah ke kota tua jalan jalan. Ada rencana mau ke dufan, cuman harga tiket dufan udah naik jadi 250rb, kemahalan bagi ane jadinya ga jadi pergi ke dufan.

Oh iya gambar gambar di atas ane ngambil dari kaskuser lain soalnya pas kesana ane ga bawa kamera, jadinya ya udah ane ngopi aja foto fotonya.

 

 

 

Published by

yaya666

Hoby :Baca komik main game komputer dll... Likes :Banyak... Dislikes: Banyak... kuda lumping pap pap pap

3 thoughts on “Main Ke Pulau Semak Daun”

  1. foto fotonya mana bos? kok ga nongol?
    mantap fr nya, ampe ada rincian biayanya jg..
    gw rencana jg pengen kesana abis puasa, cuman masih bingung muara angke tuh dimana ya? kalo kesana naik motor, ada tempat parkir ga? kalo naek motor lewat mana kalo dari petukangan?
    sori banyak nanya.. hehehe

    1. oia error pas ane upload gan foto fotonya…
      kalo parkir motor ada deh kayaknya, daerahnya jg kurang tau, coba search di google map ada kok gan..
      kalo naik kendaraan umum mending naik busway aja turun di grogol.. ntar dari grogol naik angkot merah yg grogol – muara angke, langsung di anterin ke muara angke gan..

Komentar komentur komentir. Tinggalkan Komentar. But please dont leave any mean comment T_T..

