sus_samalona_island

Asal usul nama Pulau Samalona

– Apalah arti sebuah nama?

sus_samalona_island

Buat yang sedang berdomilisi di daerah makassar atau sulawesi selatan pasti sudah tidak asing lagi dengan nama pulau ini. Salah satu pulau favorit gw karena pemandangannya, pasir putihnya, panasnya, suara ombaknya dan lain sebagainya . Zzzzzzz (suara ombak).

Banyak sekali orang penasaran kenampa naama pulau ini dinamakan pulau samalona?. Apakah samalona ini diambil dari bahasa setempat, bahasa makassar?, Bugis?, Atau jangan jangan islandia?. Ternyata tidak sama sekali. Zzzzzz

Asal usul dibalik Nama pulau samalona telah menyimpan sejarah panjang yang tidak umum untuk orang ketahui. Jumlah Warga setempat juga bisa dihitung jari yang mengetahui sejara pulau ini. Bahkan di google pun hasil pencariannya 0 search found. bukan karena kurangnya kesadaran masyarakat sehingga sejarah nama pulau samlon terlupakan, tetapi karena ceritanya yang sangat panjang sekali. Jadi saya singkat saja ceritanya…

Dahulu kalah sekitar 100 hingga 200 tahun yang lalu silam, dimana nama makassar masih bernama ujung pandang, hiduplah seorang dua orang manusia yang menetap di daerah jl. Nusantara, nama mereka jericho dan lona. Mereka tetanggaan. Jericho orang yg sangat pandai berenang, tapi hobinya lebih prefer ke memancing. Ia juga seorang pikun, suka lupa dengan nama orang, bahkan dengan nama tetangga nya sendiri, lona. Sedangkan lona sangat excited dengan hobby jericho.

Singat cerita, jericho dan lona tidak kerasan tinggal di kota makassar. Panasnya suhu di kota ini, ditambah kurangnya kesadaran masyarakatnya untuk membuang sampah di tempat sampah, membuat mereka ingin angkat kaki dari sini. Sembari memikirkan jalan keluar, sambil duduk – duduk di pantai losari, nampak dari tempat duduk mereka sebuah pulau medium size yang sepertinya tidak berpenghuni. Kalaupun berpenghuni jg paling paling jumlah penduduknya masih dibawah 66 jiwa. Mereka pun membulatkan tekad untuk pindah ke pulau tersebut dengan berenang. Satu langkah besar jericho meyakinkan lona untuk setuju dengan ide jericho.

Perjalanan pun dilakukan, karena takut mereka terpisah saat berenang, jericho mengambil seutas tali jamuran spanjang 5m diikatkan dikaki kiri jericho sedangkan ujung tali lainnya diikat di tangan kanan lona. Jericho menyeburkan diri kelaut, otomatis lona juga ikutan tercebur. Skipskip.

Berkilo kilo meter ia berenang tapi pulau tsb tak kunjung mendekat. Untungnya jericho bukan orang yang gampang menyerah seperti penulis blog ini. “Bukan jericho si master berenang namanya kalau tidak bisa finish di pulau itu” jericho bergumam dalam hati. Lagian dia juga iseng mau mau nya berenang kepulau padahal bisa numpang perahu nelayan. 1-2 jam jg sudah sampai kalo naik perahu mah. Sedangkan jericho sudah 15 jam berenang tp blum sampe sampe. Saking seriusnya berenang, Ia bahkan tidak sadar beban yang dibawa dan diikat dikakinya menjadi lebih ringan. Itu terjadi karena tali yg menghubungkan jericho dengan lona terputus sehingga lona pun hilang ditengah laut.

5 jam kemudian, jericho akhirnya sampe juga ke pulau tsb tapi ia tetap tidak sadar bahwa lona, tetangganya, hilang di tengah laut. Ia tidak sadar karena terpaku keindahan pulau ini.

Tebakan Jericho tidak meleset, penduduk pulau ini masih sedikit, tempat yg bagus untuk memulai sesuatu yg baru. Kemudian warga daerah pulau tersebut menghampiri jericho karena ia orang baru, jadi mereka saling memperkenalkan diri sekalian mengurus administrasi surat izin menetap di pulau tersebut.

Karena berkenalan jericho jadi tahu nama warga setempat itu. Yaitu, benoit. Terjadi percakapan yg cukup intens antara merecka.

Benoit : “jadi kamu ingin tgl disini?”
Jericho : “iya”
Benoit : “knp?”
Jericho: “cari suasana baru”
Benoit : “sendiri aja?”
Jericho: “ga sendiri kok. Berdua.”

Jericho masih belum sadar kalo lona sudah hilang ditengah lautan hanya kolam susu.

Benoit : “sama siapa?”
Jericho: “sama… Eeeee.. Samaa”

Penyakit pikunnya mulai muncul..

Benoit : “SAMA SIAPA???”

Jericho terkejup saat sadar bahwa lona sudah tidak bersamanya.

Jericho: “berdua. samaaaa ituu.. Anu.. Eee..”
Benoit : “SAMA SIAPA??? ” Tanya benoit lebih tegas.

Akhirnya Jericho pun meningat nama tetangganya itu.
Ia pun menjawab : “Saya kesini berdua sama eeee.. Saammaaa eeeeeee… Ittuuu…”
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
“Sama Lona”.

Zzzzzzzzz

49912064

Published by

yaya666

Hoby :Baca komik main game komputer dll... Likes :Banyak... Dislikes: Banyak... kuda lumping pap pap pap

4 thoughts on “Asal usul nama Pulau Samalona”

  1. seperti nama saya….kikko samallona
    hehehehe…..

    sing Imanez (rip) song : “……satu dari cintaku oOo…jadi milikmu….Samalona beach……”

Komentar komentur komentir. Tinggalkan Komentar. But please dont leave any mean comment T_T..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s