Bandung Rasa Bali

PLN ngajakin ngepet. Tau tau main pemadaman aja. biasanya kemarin kemarin ga kayak gini. karena penasaran, ane  mo cari penyebabnya lewat twitter. mana tau ada yang tau. karena hp ane dah mati, dan ga ada listrik buat charge, ane make punya temen buat internetan. setelah nyari nyari kesana kesini searching google yahoo apalah, ga nemu nemu. nemunya malah brosur pertunjukkan anak – anak bali mementaskan tari kecak dan sang hyang jaran dalam rangka dies natalis xxii ukm kesenian bali. gratis! udah denger gratis jadinya pengen liatlah. dekat juga tinggal jalan kaki (tapi sayanya naik motor).

BnfhfmICQAAfE4a

pentas acara anak anak bali ini, menceritakan tentang krisna. tau krisna kan? yang ada film kartunnya di antv yang kulitnya biru. bi.. bi.. bi.. bimasakti bimasakti. nah itu. tapi pada pertunjukan ini akan disajikan dalam bentuk kesenian bali, ada tari kecaknya, atraksi api, dan jadi lebih berseni gitu lah. pas sampai di danau udah banyak yang nunggu, tapi belum mulai mulai acaranya. ternyata ternyata, acaranya dimulai di bundaran gitu. ane jalan menuju kesana. jalan menuju kesananya di kiri kanan dikasih lilin lilin gitu. keren banget jadinya.

dibundaran pertunjukkan pun dimulai. sudah ada tari kecaknya. ada tiga makhluk yang membintangi kuliat. ada kambing, monster, dan hewan juga kayak barongsai. maaf saya ga tau nama – namanya. pertunjukannya itu tentang hewan kambing yang seperti sedang kesurupan, melompati api berkali kali, sambil ada atraksi orang yang menyemburkan api dari mulutnya. karena pemeran kambingnya pake rumbai rumbai dari daun panjang gitu, jadi setiap dia melompati api, kayak ada bunga bunga apinya gitu disekitar kaki, trus saat mendarat langsung si orang tadi menyemburkan api ke udara. keren banget. apalagi diiringi sama tarian kecak. bikin merinding.

setelah itu, acaranya berlanjut ke danau. dibuka dengan atraksi api lagi, nyemburin api bareng – bareng ke langit. ada yang main bola api juga. keren. para penari kecak pun masuk duduk membentuk lingkaran. ada satu ditengah yang sepertinya pemimpinnya. setiap pemimpinnya menunjuk ke suatu arah, para penari kecak yang duduk dan kebetulan berada pada arah yang ditunjuk pun langsung tertidur sedangkan para penari kecak yang dibelakang si pemimpin berdiri sambil mengangkat kedua tangan. keren banget. jadi kelihatannya pemimpin itu seperti sedang mengeluarkan jurus gitu.

beberapa saat kemudian, pemeran wanita masuk dalam lingkaran para penari kecak, menari sambil menggendong bayi yang sepertinya bayi itu adalah krisna dan wanita itu ibunya. menurut cerita di prolognya, krisna dihanyutkan disungai supaya terhindar dari bahaya Raja Kangsa. penari wanita tadi menaruh bayinya ke para penari kecak. terus digilir ke kiri mengayun ayun kayak air. jadi mungkin para penari kecak digambarkan sebagai sungai. sehabis itu wanita itu pun keluar, masuk lagi penari yang sepertinya pemeran krisna yang sudah dewasa. saat menari menari diiringi tari kecak, dia didatangi wanita jahat utusan raja kangsa yang ingin mencelakainya tapi diakhiri dengan kekalahan wanita tsb. pertunjukan tarian selanjutnya, masih krisna lalu didatangi makhluk yang giginya panjang panjang trus matanya gede serem banget. kayaknya rangda atau barong deh, tapi kurang tau juga. pengetahuan makhluk makhluk bali gw masih minim, referensinya cuma pas mainin game persona 3 muncul rangda dan barong gitu, mirip mirip gitulah.

pertarungan krisna sama makhluk tadi lebih epic dari sebelumnya. para penari kecaknya lebih keras nyanyinya, atraksi apinya makin intens, sampai ada terbang – terbangnya. bukan terbang beneran, jadi itu penari kecak mengangkat mereka ke atas. trus merekanya bertarung gitu sambil diangkat angkat jadi seolah seolah bertarung diudara. endingnya keren, pose akhirnya si krisna melakukan pukulan telak diudara trus diakhiri dengan semburan api berbarengan sekaligus diudara. plok plok plok dan acaranya pun selesai. keren banget.

terima kasih buat anak anak bali yang sudah mengadakan acaranya ini, pengalaman pertama kali saya menonton pertunjukan kesenian kayak gini. hitung hitung ikutan melestarikan budaya bangsa gitu lah. acaranya keren, berasa seperti dibali padahal lagi dibandung. teriakan teriakan penari kecaknya lumayan bikin merinding gitu. cuma mungkin minusnya masalah sound systemnya yang tidak kedengaran. jadinya saat pertunjukan tadi berlangsung, ada narasi narasinya gitu tapi ga kedengaran. sedikit bingung juga, tapi untungnya ada kertas kertas berisi prolog cerita gitu jadi lumayan ngerti dikit lah. tapi keseluruhan keren banget. heheheh

Fotonya sih banyak, yang kelihatan ini doang. maklum hp cina. kalo malam ga keliatan.😀

ws0522 ws0233 ws0220 ws0107 ws0081 ws0016 ws0003

Published by

yaya666

Hoby :Baca komik main game komputer dll... Likes :Banyak... Dislikes: Banyak... kuda lumping pap pap pap

Komentar komentur komentir. Tinggalkan Komentar. But please dont leave any mean comment T_T..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s