1248035_20140331081647

Solo Backpacker ke Pelepasan 1000 Lampion Waisak Borobudur

1248035_20140331081647Oke gan kali ini ane mo bikin fr pas ane solo backpacker ke acara waisak kemaren di borobudur (15 May 2014). soalnya denger denger ada event nerbangin 1000 lampion gitu di borobudur. kayaknya bakalan epic jadi ane langusng brangkat ke sana.  gw berangkat dari bandung, ke tasikmalaya dulu naik mobil (25k). habis itu sambung pake bus budiman tasik – magelang (95k). di terminal magelang, naik ojek 35k ke borobudurnya. boros banget yak. padahal kalo mo lebih hemat dari bandung bisa ke stasiun kiaracondong naik kereta ke jogja (60k) trus dari jogja naik trans jogja (3k) ke jombor lanjut naik bis ke borobudur 15k doang. ane ga naik kereta soalnya hari rabu ada kuliah pagi sampe jam 12 siang. kalo ane naik kereta malam , ga kekejar event lampionnya. even lampionnya kamis jam 2 subuh. makanya ane naik bis gan biar keburu.

pengeluaran pergi :
mobil ke tasik : 25k
bus budiman ke magelang, dah gratis makan : 95k
ojek ke borobudur : 35k
——————————–
total : 155k (shit! mestinya mah 78k doang kalo naik kereta)

pas sampe diborobudur, jam 1 lewat. udah rame gan. ane jalan dari pintu masuk sampe depan candi borobudurnya ga ada yang nagih. kayaknya emang eventnya gratis. masuk borobudurnya juga gratis. pas sampe disana ane juga rada rada bingung mau ngapain, baru pertama kali juga. di depan pagar candi dijaga polisi, ga dibolehin masuk. orang orang tertentu aja yang boleh masuk, ya ane balik lagi ke halamannya. disitu ane ajak ngobrol orang, mo nonton lampion juga kayaknya.

Ane : Bang, mo nonton lampion jg bang?
Bang x : iya.
Ane : dah mulai belum sih bang? kok ga masuk ke candi bang? tadi ane mo masuk, ga dibolehin ama polisinya.
Bang x : belum mulai kok, slow aja. itu didalam lagi ada yang ibadah, ga boleh diganggu. kalo mo nonton lampion doang, tunggu aja disini.
Ane : emang keliatan lampionnya dari sini, bang?
Bang x: slow aja, ntar kalo dah beres ibadah, dibolehin masuk kok.
Ane : tapi tadi ada yang boleh masuk.
Bang x : itu kalo lu peserta, atau undangan, atau komunitas fotografi gitu.
Ane : ogitu. tunggu aja berarti ya bang.

ane lupa nama abang abangnya. padahal sempat kenalan, langsung lupa namanya.😀

sambil nunggu dibukain, ane cerita cerita ama abang x tadi. dia emang sering nonton acara lampion kayak gini tiap tahun. trus tiap tahun kacau gitu acaranya . orang indonesia toleransi antara umat beragamanya masih rendah katanya. pas waiisak 2013, para turis berisik berisik gitu, buang sampah kemana mana, trus orang orang yang sok sok fotografer gitu naik kepanggung foto (ganggu) orang lagi ibadah, padahal mah kan bisa di zoom kameranya. makanya tahun ini, si abang ga masuk pas ibadahnya padahal dia ada komunitas fotografer. dah muak ngeliat kelakuan orang indonesia dia bilang, haha.. padahal dia orang indonesia juga. tapi bener juga sih kata sih abangnya, jadi miris gitu dengernya.

ga kerasa karna keasikan ngobrol2 dah jam 4 aja, pintu pagarnya juga dibuka. acara lampionnya dah mulai. “ane duluan ya bang”, “ga masuk bang?” gw nanya. alasannya sih, ntar sebatang lagi. pas ane balik, gw liat ternyata si abang tuh lagi pungutin2 sampah yang orang lain buang. emang banyak banget sampahnya gan ampe di rumput2nya. orang pada makan popmi, minum kopi maen asal buang aja. langsung respek gw ama si abang2 tuh. pas mo bantuin, langsung nyerocos, ngajakin masuk ke candi. haha..

di dalam borobudurnya, beuh gan. epic banget. lampionnya banyak banget. keren lah pokoknya. pengalaman tidak terlupakan. rekomended. gratis pulak. trus gw liat ada bule cewek cowok, pasang lapak tidur tiduran ,liat langit penuh lampion sambil mesra mesraan. asik banget nyet. kayaknya bawa cewek kesini bakal romantis banget. cuma ya gitu, ga ada, ah sudahlah. haha.

ada nih foto fotonya cuman gelap, maklum cuma pake kamera hp cina. hehehe😀

IMG_20140515_042152
itu yg titik titik kuning lampion semua
IMG_20140515_043027
lampion punya orang
IMG_20140515_044419
anak anak panitia bumi walubi lagi nerbangin lampion

acara lampionnya sejam lebih ampe jam 5 lewat. rencananya sih habis lampion pengen naik ke atas borobudur buat ngeliat sunrise dari situ. tapi ditangganya di rantai, ga boleh masuk. jam 6 baru boleh masuk. yah udah keburu nongol mataharinya. batal rencana ane. karena dah beres lampionnya, disuruh keluar karna mo dibersihkan borobudur. ane main ke pusat  informasinya buat nanya nanya ama mbak2 situ.

ane : mbak, borobudurnya bukanya jam berapa lagi? (basabasi)
mbak2 : jam 6 dek baru buka.
ane : bayar ga sih mbak?
mbak2 : iya, bayar 30k diluar, di loket masuk.
ane : oh, berarti harus keluar dulu buat beli tiket?
mbak2 : emang masnya brapa rombongan?
ane : sendiri aja mba..
mbak2 : kalo sendiri, tunggu disini aja ampe jam 6. tapi kalo rombongan harus keluar dulu buat beli tiket.
ane : oh gitu..
mbak2 : duduk duduk tunggu disitu aja dek. ntar kalo dah ada yang rame lewat lewat didepan. berarti dah dibuka candinya.
ane : oke mba.

langsung ane duduk disitu istirahat, eh ada colokan listrik juga. mayan buat ngecas hp. trus ada wifi id juga, haha bisa ngenet sambil nunggu. sekalian aja pesan tiket kereta buat  balik ke kircon. nyaris kehabisan tiket ane gan. kalo habis naik bus lagi ane. haha

nyaris kehabisan!!
nyaris kehabisan!!

pas dah jam 6 langsung masuk lagi ke candi borobudur buat jalan jalan foto foto. cleaning servicenya keren, padahal tadi subuh di depan masih banyak sampah sampah ampe area rumput2nya.  sekarang dah bersih lagi aje, si abang x kali yang ngebersihin. hehe.

didalam candi ternyata banyak bule. emang jam paling rekomended buat borobudur sih jam jam 6 gini masih sepi, masih enak. kalo dah jam 9 keatas udah rame banget gan. tanggal merah kali yak. didalam borobudur juga lagi ada orang ibadah gitu. ane foto foto lagi, ane asal jepret aja. ga ngerti fotografi ane gan. haha

IMG_20140515_061739 IMG_20140515_061858 IMG_20140515_063123 IMG_20140515_064327
pengeluaran di borobudur :
tiket masuk : 0k (gratisss!!)
oleh oleh gelang2an : 5k
toilet : 1k (seikhlasnya)
——————————-
total : 6k

setelah beres jalan2 candi, langsung cabut ke terminal umum naik bus 15k ke jombor, jogja. rencananya sih mo jalan2 dulu ke jogja cuma ga ah. lagi panas trus dah capek duluan naik turun candi. dijalan jalan jogja gw liat ada poster jkt48 mau konser di jogja, tapi dah lewat. yaah, kalo masih ada langsung ane samperin gan. hahah.

lanjut  dari jombor naik bus trans jogja 3k ke halte smp 5. dari halte smp 5 jalan ke stasiun lempuyangan. jauh ternyata, kirain ane deket. sampe di stasiun lempuyangan jam 12 lewat. kereta ane jam  stengah 2. masih ada waktu buat makan, ane makan deket2 stasiun aja. ada warung nasi kucing angkringan. buset murah bener. padahal ane banyak ngambil lauk, ga nyampe 10k. habis makan balik lagi ke stasiun nungguin kereta. pulang deh. capek tapi menyenangkan sekali solo backpacer itu.

pengeluaran pulang :
bus magelang jogja : 15k
bus trans jogja : 3k
makan : 7k (kira2, lupa gw)
kereta ke bandung : 65k
———————————–
total : 90k

total total semua : 155k + 6k + 90k = 251k ole. hemat kan! masih bisa lebih hemat lagi kalo berangkatnya naik kereta.:p

Published by

yaya666

Hoby :Baca komik main game komputer dll... Likes :Banyak... Dislikes: Banyak... kuda lumping pap pap pap

8 thoughts on “Solo Backpacker ke Pelepasan 1000 Lampion Waisak Borobudur”

Komentar komentur komentir. Tinggalkan Komentar. But please dont leave any mean comment T_T..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s